Wakil Presiden Minta Hambatan Rehab Rekon Pascabencana Sulteng Segera Diselesaikan

Berita Keren | Palu – Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin meninjau secara langsung sejauh mana progres rehab dan rekon dampak bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaks Sulawesi Tengah 28 September 2018.

Orang nomor dua di Indonesia ini datang bersama tiga menteri kabinet Indonesia maju diantaranya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Wakil Menteri ATR/BPN Dr. Surya Tjandra SH, LLM, Wakil Menteri PUPR John Wempi SH, MH, Kamis (6/1/2022).

Dalam pertemuan ini Wapres RI KH. Ma’ruf Amin, mendengarkan penyampaian Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura terkait kendala yang saat ini di hadapi.

Menurut Gubernur terdapat hunian tetap (Huntap) yang belum dibangun PUPR untuk masyarakat terdampak bencana.

Mantan Walikota Palu inipun menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengalokasikan anggaran sesuai dengan permintaan Bupati dan Walikota Palu dengan Alokasi Anggaran sebesar Rp. 61,8 M. Tetapi yang menjadi masalah adalah Bupati Donggala, yang sampai dengan saat ini belum melengkapi persyaratan pencairannya dan semua permasalahan yang ada akan segera dapat diselesaikan bersama Walikota Palu.

Rusdy Mastura juga menyampaikan bahwa perlu ada payung hukum untuk percepatan rehab dan rekon dampak bencana untuk itu diminta agar inpres perpanjangan masa rehab dan Rekon dapat segera diterbitkan.

Sementara itu Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin, meminta seluruh hambatan yang terjadi akibat permasalahan tanah agar dapat diselesaikan. Dia juga menyampaikan agar segera diterbitkan Inpres Baru untuk percepatan Rehan dan Rekon Dampak Bencana Sulawesi Tengah.

“Selanjutnya segera dituntaskan permasalahan tanah huntap Tondo II, kalau tidak dapat diselesaikan agar huntap relokasi dapat dibangun di Pombewe, dibuatkan larangan untuk pembangunan rumah hunian pada zona merah,” tegas Ma’ruf Amin.

Wapres RI Ma’ruf Amin menegaskan masyarakat tidak bisa terlalu lama menunggu kepastian Hunian yang mereka butuhkan.

Setelah selesai rapat, Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdi Mastura, meninjau kondisi huntap Tondo I yang dibangun Budha Tsu Chi dan Lokasi pembanguna huntab Tondo II.

Di lokasi Tondo II Wapres, Gubernur, Menteri dan rombongan berkenan melakukan penanaman pohon dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Alkhairaat Palu untuk melakukan Ziarah ke Makam SIS Al Jufri dan Melakukan Pertemuan dengan Pengurus Alkhairaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *