Gubernur Rusdy Mastura Minta Segera Selesaikan Vaksinasi Anak dan Lansia

Berita Keren | Palu – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura meminta agar pemerintah Kabupaten) Kota segera menyelesaikan vaksinasi anak dan lansia.
Hal itu diungkap oleh Rusdy Mastura saat melakukan monitoring pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Morowali.

“Kami bersama Kapolda Sulteng dan Danrem 132 Tadulako akan melanjutkan monitoring vaksinasi di Kabupaten Morowali Utara dan Poso,” kata Rusdy Mastura dikutip dari ANTARA.

“Kami datang ini untuk mendorong peningkatan vaksinasi untuk anak sekolah dan lansia,” lanjutnya saat memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Morowali, Rabu.

“Saya minta seluruh pemkab menjalankan tugasnya dan mempercepat vaksin untuk anak dan lansia,” ia menambahkan.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan bahwa kepolisian mendukung upaya pemerintah daerah mempercepat penuntasan pelaksanaan vaksinasi COVID-19, termasuk pelaksanaan vaksinasi pada kelompok sasaran anak-anak dan warga lansia.

“Kami TNI-Polri bekerja sama untuk mempercepat cakupan vaksinasi dan kami juga membantu mengedukasi masyarakat agar tidak terpengaruh dengan berita hoaks tentang vaksin,” katanya.

Menurut data Kementerian Kesehatan hingga Rabu vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan kedua baru mencakup berturut-turut sekitar 52 persen dan 25,7 persen dari 196.628 warga lansia yang menjadi sasaran vaksinasi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sedangkan pada kelompok anak-anak, menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, hingga Senin 7 Februari 2022 vaksinasi COVID-19 baru dilakukan pada sekitar 22 persen dari 316.610 sasaran.

“Target kita selesai Februari 2022 ini karena kita akan masuk pada vaksin untuk campah dan rubella,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah Jumriani Yunus.

“Sulteng mulai vaksinasi anak 19 Januari (2022), sementara daerah lain itu Desember 2021. Semua daerah kabupaten sedang berlomba-lomba untuk percepatan vaksinasi anak ini, termasuk untuk lansia juga,” tambahnya.

Menurut data Kementerian Kesehatan pada Rabu, target vaksinasi COVID-19 di Provinsi Sulawesi Tengah seluruhnya 2.135.907 orang dengan perincian warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama sebanyak 1.659.015 (77,7 persen).

Warga yang sudah dapat vaksinasi dosis kedua sebanyak 982.881 (46,02 persen), dan warga yang sudah dapat vaksinasi dosis ketiga sebanyak 24.472 (1,14 persen). *

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *