Palu Diguyur Hujan Semalaman, Akibatkan Banjir dan Pohon Tumbang

Berita Keren | Derasnya hujan yang mengguyur kota Palu dan sekitarnya sejak Selasa malam ( 23/01/2024) sejak pukul 23.00 mengakibatkan sejumlah saluran air meluap, sampah sampah didalam selokan mulai menimbulkan penyumbatan parah yang menyebabkan air meluap di bahu jalan dan pemukiman.

Bahkan, sejumlah pohon tumbang juga terjadi diruas ruas jalan kota Palu diantaranya pohon tumbang di jalan Sis Aljufri depan Warkop Auk, ada pula pohon tumbang di jalan Ahmad Dahlan, jalan Durian perempatan WR.Soepratman, jalan Banteng, jalan Nuri,jalan Pipit dan jalan trans Martadinata.

Bacaan Lainnya

Terpantau media ini,dibeberapa jalan pohon yang tumbang tadi menyebabkan akses jalan terhalang, pohon tumbang juga menyebabkan sejumlah kabel listrik PLN dan kabel telepon. Akibatnya , pengguna jalan harus memutar balik kendaraannya mencari alternatif.

Banjir yang menggenangi badan jalan terparah terpantau di akses jalan Nasional yakni Jalan Diponegoro serta jalan Ramba ,Birobuli Selatan. Bahkan di kelurahan Tatanga tepatnya di perempatan jalan Poebongo lampu merah terjadi luapan air banjir.

Sementara itu, Sungai yang membelah kota palu yang mengalir dari Palupi ke arah kelurahan Tawanjuka mengalami peningkatan debit air. Sejumlah warga yang bermukim disekitar bantaran sungai di kelurahan Tawanjuka tampak waspada.
” Debit air sungai terus meningkat, kami disini waspada jangan sampai air masuk di pemukiman ” ungkap Jamal, salah satu warga kelurahan Nunu yang tinggal disekitar bantaran sungai Palu.

Dari data resmi yang dirilis BMKG pertanggal 24 Januari 2024 , update Peringatan Dini Cuaca Sulawesi Tengah pkl 04:10 WITA masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pkl. 04:30 WITA di hampir semua bagian Propinsi Sulawesi Tengah. Khusus Kota Palu:,wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni Palu Timur, Palu Barat, Palu Selatan, Palu Utara, Ulujadi, Tatanga, Tawaeli, Mantikulore, dan sekitarnya.

Sementara itu, sejumlah petugas dari dinas lingkungan hidup kota Palu turun dilapangan melakukan pembersihan pohon tumbang. Tampak Sekertaris Kota Palu, Irmayanti Pettalolo didampingi Kadis DLH Kota Palu meninjau pohon tumbang di jalan Banteng dan beberapa titik banjir dikota Palu.****

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *