Ma’mun Amir Hadiri Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke- 58 Tahun 2022

Berita Keren | Palu, Sulawesi Tengah – Wakil Gubernur Drs. Ma’mun Amir menghadiri sekaligus membuka secara resmi Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke- 58 dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”, yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi. Bertempat, di Halaman Depan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah. Sabtu, (12/11/2022)

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini dirangkaikan dengan jalan santai yang di lepas secara langsung oleh Wakil Gubernur dan diikuti oleh Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Pimpinan PMI, Direktur Rumah Sakit Se- Kota Palu dan para pejabat dilingkungan Provinsi Sulawesi Tengah.

Adapun rute jalan santai dimulai di depan halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jl. Kartini, Jl. Nokilalaki, Jl. Juanda, Jl. Moh. Hatta, Jl. Gatot Subroto, Jl. Masjid Raya dan finis di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi.

Peringatan HKN ini juga dimeriahkan juga dengan Doorprize berupa ; sepeda lipat, kipas angin, kulkas, dispenser, mesin cuci dan lain-lain. hadiah utama berupa ; Sepeda Gunung sebanyak 4 buah yang penyerahan Doorprize diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Ma’mun Amir.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. I Komang Adi Sujendra SP, PD menjelaskan, Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini juga dilaksanakan di tiap Kabupaten/Kota. untuk tingkat Provinsi dilaksanakan berbagai cabang olahraga seperti ; bola voli, badminton, catur, domino dan jalan santai.

Lanjutnya, Logo yang digunakan adalah kupu-kupu yang senantiasa menjalani metamorfosis perjalanan mencapai bentuk yang indah, sayap kupu-kupu yang berjumlah 6 menunjukkan 6 pilar transformasi kesehatan yakni ; layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan masyarakat, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan teknologi kesehatan.

“Dari kepala hingga kaki kupu-kupu memiliki tugas dan fungsi serta saling menopang untuk mencapai tujuan bersama.” Ucap Kadis Kesehatan dalam laporanya.

Makna logo pada peringatan ini, berbentuk angka 58, sebagai bentuk peringatan 58 tahun HKN tahun 2022.

Ia berharap melalui peringatan HKN ini, terus menjalin persatuan dan berkolaborasi dalam tugas ketahanan khususnya dalam pembangunan kesehatan.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Ma’mun Amir membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI mengatakan, dengan tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” membuka peluang seluruh lapisan masyarakat memasuki masa transisi yang merupakan tantangan bidang kesehatan setelah fokus pada penanganan Pandemi Covid-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Selaku pimpinan daerah saya mengucapkan selamat Hari Kesehatan Nasional Ke- 58 kepada jajaran kesehatan.” Kata Wakil Gubernur mengawali sambutannya

Dengan demikian, dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan baik yang terjadi saat ini maupun yang akan datang.

Kementerian kesehatan telah menyusun langkah kongkrit dengan melalakukan transformasi sistem kesehatan yakni ; layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan masyarakat, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan teknologi kesehatan.

“Mari kita jadikan hari kesehatan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kesadaran bersama untuk menjaga kesehatan dengan lebih terfokus pada pola hidup bersih dan sehat.” Pungkasnya

Diakhir sambutannya, Wakil Gubernur Ma’mun Amir berharap semoga momentum ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor dimasyarakat sehingga Indonesia bisa kembali sehat, tumbuh dan berkembang.

“Saya yakin dan percaya sesuatu hal yang dikerjakan secara gotong royong akan memberikan manfaat bagi Sulawesi Tengah.” Tambahnya

Turut hadir : Unsur Forkopimda, Staf Ahli Gubernur, Wakil Walikota Palu, Kepala OPD, Direktur Rumah Sakit Se- Kota Palu, Civitas Akademik, Kepala Perbankan dan Mitra Kerja.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *