Soal Calon Tunggal Kapolri, ART : Listyo Sigit Prabowo Sangat Layak Menggantikan Idham Azis

Berita Keren – JAKARTA – Anggota Komite I DPD RI dapil Sulawesi Tengah Abdul Rachman Thaha, menyambut baik dipilihnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis.

ART menilai kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinergi yang dimiliki Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bisa menjadi modal penting bagi korps Bhayangkara menghadapi beragam tantangan keamanan dan ketertiban masyarakat ke depan.

Abdul Rachman Thaha (ART) Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Tengah

“Profil Komjen Pol Listyo Sigit memang relatif menonjol sejak menjabat sebagai Kapolresta Surakarta dan Kapolda Banten” ujar ART, dalam keterangannya, Rabu (13/1/2021)

Dia menyebut nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri. Sosok ini dinilainya sudah tidak diragukan lagi.

“Dia adalah sosok yang peduli dengan keberagaman dan saya anggap beliau ini mampu dan sangat layak untuk itu,”

Abdul Rachman Thaha tidak sependapat dengan anggapan Listyo memiliki hambatan menjadi kapolri karena faktor agama. “Saya berpikir kita sebagai negara hukum segala sesuatu mempunyai aturan, apakah ada aturan yang mengatur seorang calon kapolri harus dari agama tertentu, kan tidak ada yang mengatur untuk itu,” tutur senator dari Sulawesi Tengah ini.

Dirinya menjelaskan persyaratan menjadi seorang calon Kapolri wajib berpedoman kepada Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia, calon kapolri hanya yang ada adalah perwira tertinggi dengan memperhatikan jenjang karier dan kepangkatan.

“Adapun persoalan agama itu tidak diatur dalam undang-undang. Jangan lagi ada yang menghubungkan hal-hal tersebut ke agama tertentu, sehingga saya mengapresiasi betul keputusan Presiden soal calon tunggal Kapolri kepada Jenderal Listyo Sigit Prabowo” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *