AHY Sambangi Rumah Ketua DPD RI, Apa Yang di Bahas?

Berita Keren | Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Selasa (18/1/2022).

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan yang digelar dirumah Dinas Ketua DPD RI, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, tersebut keduanya membahas sejumlah isu kebangsaan. Agus Harimurti Yudhoyono mengajak Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, bersinergi untuk menyerap Aspirasi rakyat.

Pada kesempatan itu, Ketua DPD RI didampingi sejumlah Senator yakni Bustami Zainuddin (Lampung), Fachrul Razi (Aceh), Habib Abdurrahman Bahasyim (Kaltim), Sylviana Murni(DKI Jakarta), Matheus Stevi Pasimanjeku (Maluku Utara), dan Sekjend DPD RI, Rahman Hadi.

Sementara AHY di dampingi sejumlah pengurus diantaranya, Wakil Ketua MPR RI Fraksi Demokrat Syarif Hasan, Sekjend Partai Demokrat, Teuku Riefki Harsa, Wakil Ketua Umum Marwan Cik Hasan, Badan Pembina OKK Herman Hairon, Ketua DPD partai Demokrat Sulteng Anwar Hafid, Direktur Eksekutif PD, Sigit Raditya, Wasekjend Andi Timo Pangeran dan Agus Jovan Latuconsina.

“Kami bersyukur keluarga besar partai demokrat bisa diterima oleh Ketua DPD RI. Kami ingin partai Demokrat bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan DPD RI dalam memperjuangkan asirasi rakyat” kata AHY

Putra Sulung Presiden RI ke enam itu mengaku sudah cukup lama memiliki niat untuk bersilaturahmi dengan LaNyalla. Namun, karena kesibukan keduanya, pertemuan baru bisa dilakukan awal tahun 2022.

“Tidak ada kata terlambat. Kami ingin selalu membuka ruang komunikasi dan silaturahmi ke segala arah. Kendati kami berada di luar pemerintah, tapi tak mencegah niat kami untuk berkomunikasi” ucap AHY

Ia mengatakan, belakangan ini aspirasi rakyat masih berkutat pada pemulihan ekonomi ditengah pandemi covid 19. ahy pun menaruh perhatian besar terhadap hal tersebut. Namun disisi lain, AHY mengaku terus memperjuangkan sejumlah isu terkait demokrasi.

AHY mengaku mengamati sepak terjang LaNyalla. Katanya, Senator asal Jatim itu selalu berkeliling Indonesia untuk menyerap aspirasi rakyat.

Selain itu AHY mengakui pada pertemuan ini kedua pihak membahas presidential threshold sebagai salah satu persoalan kebangsaan yang dibicarakan antara dirinya dengan LaNyalla. Saat ini DPD RI tengah mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait presidential threshold dengan tutntutan agar ambang batas itu dihilangkan sehingga membuat lebih banyak kesempatan bagi calon presiden untuk tampil pada Pemilu 2024.

Namun demikian, dalam keterangannya kepada pers AHY tidak memerinci isi pertemuan, khusus mengenai ambang batas presiden tersebut.

“Banyak hal, termasuk itu (presidential threshold)” kata AHY ketika ditanya wartawan.

Sementara itu meski tidak memberikan keterangan usai pertemuannya dengan AHY, tetapi dalam dalam beberapa kesempatan LaNyalla berpendapat bahwa presidential threshold terbaik adalah 0 persen. Hal ini memungkinkan semua partai peserta pemilu dapat mengusulkan pasangan capres dan cawapres. Banyak kandidat memperbesar peluang menghasilkan pemimpin berkualitas, katanya beberap waktu lalu.

“Saya mengajak insan kampus untuk memantik diskusi konstitusi agar pada akhirnya pemerintah dan DPR serius membahas dan menakar presidential threshold secara rasional. Agar rakyat tidak dihadapkan pada dua pilihan sehingga demokrasi semakin sehat,” kata LaNyalla.

LaNyalla menegaskan ambang batas pencalonan presiden tidak ada dalam konstitusi, yang ada adalah ambang batas keterpilihan presiden. (F.A.A)

banner 970x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.