Lima Bulan Gaji Bidan PTTD Kabupaten Parigi Moutong Belum Dibayar

Berita Keren | Sebanyak puluhan Bidan Pegawai Tidak Tetap Daerah (PTTD) yang bertugas di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong belum menerima gaji selama lima bulan.

Menurut sumber yang tidak ingin disebut namanya mengaku, hingga kini baru gaji bulan Januari saja yang dibayarkan.

“Saat itu bulan puasa dan menghadapi lebaran kami silaturahmi ke OPD terkait. Setelah itu baru dibayarkan bulan Januari,” terang sumber Selasa, (21/06/2022).

Ia juga menyebut, saat itu ada diskriminasi dalam pembayaran gaji. Misalnya, pembayaran gaji bidan desa terpencil dan bidan desa kategori biasa, hanya dibayarkan satu bulan.

“Berbeda dengan gaji bidan desa sangat terpencil, mereka dibayarkan gajinya bulan januari dan februari, begitupun gaji dokter,” jelasnya.

Dari pengakuan sumber di ketahui, bahwa gaji bidan pttd bervariasi. Misalnya, bidan dengan kategori sangat terpencil mendapat gaji 3 Juta perbulan, bidan terpencil 2 Juta dan bidan dengan kategori biasa 1 Juta.

“Tapi, tahun 2022 dikasi turun gaji kami. Kategori bidan desa sangat terpencil di gaji 3 juta, kemudian bidan desa terpencil itu 2 juta diturunkan jadi 1.3 juta, kemudian kayak kami yang bidan biasa itu dari 1 juta jadi tinggal 800 ribu perbulan. Alasannya karena anggaran tidak cukup dan faktor masalah pandemi kemarin,” terangnya.

Pihaknya menyayangkan adanya pemotongan gaji dan tidak tahu mengeluhkan masalah tersebut kepada siapa.

“Kita bingung kenapa harus terpotong karena covid, kalaupun terpotong kenapa harus gaji tenaga kesehatan. Sementara terkait covid ini, kami yang kontak langsung dengan pasien-pasien,” keluhnya

Sumber menyebut, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong belum membayarkan gaji mereka karena menunggu hasil review dari Inspektorat Daerah.

“Katanya, masih menunggu hasil review dari Inspektorat, baru di bayarkan. Yang pada dasarnya kita juga tidak mengerti apa itu review,” pungkasnya.

Sementara itu, Inspektur Inspektorat Kabupaten Parigi Moutong, Adrudin Nur membenarkan terkait adanya review yang dilakukan pihaknya terkait pembayaran gaji bidan pttd yang ada di wilayah Kabupaten Parigi Moutong.

“Lagi on proses pak Insya Allah minggu ini selesai,” singkatnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Ellen Ludya Nelwan yang di hubungi melalui kontak WA nya 0821-5762-2*** hingga berita ini diturunkan belum merespon. (A.A.F)

banner 970x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.